Kuak' Afiliasi Dokter Tambang di PT Bosowa, KP3 Gelar Aksi Demonstrasi di Kejagung & Ditjen Minerba -->

 


Translate


Kuak' Afiliasi Dokter Tambang di PT Bosowa, KP3 Gelar Aksi Demonstrasi di Kejagung & Ditjen Minerba

Kamis, 25 Juli 2024


Mitrabuser.com, Jakarta – Puluhan pemuda yang tergabung dalam Koalisi Pemuda Peduli Pertambangan (KP3) menggelar Aksi Demonstrasi di depan Gedung Kejaksaan Agung (Kejagung RI) dan Direktorat Jendral Mineral Dan Batubara (Ditjen Minerba). (25/7/24).

Ketua Umum KP3, Rahim Al Awal mengatakan, bahwa tujuan kedatangan dirinya beserta teman-teman lainnya ke Kejagung RI dan Ditjen Minerba guna mengadukan dugaan kejahatan yang di lakukan oleh PT Bosowa Mining di Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara.

PT Bosowa Mining mendapatkan kuota RKAB Tahun 2023 sebesar 3 Juta Ton dari Kementrian ESDM RI itu dinilai sangat janggal.

“Ini yang patut kami curigai, bagaimana bisa pemberian kuota RKAB tahun 2023 kepada PT.BOSOWA MINING sebesar 3 Juta Ton sementara kondisi daripada cadangan nikelnya sudah di tau seperti apa,” ucap Rahim.

Pria yang akrab disapa Awal ini mengungkapkan, PT Bosowa Mining sudah beroperasi selama 13 tahun sejak izin usaha pertambangan operasi produksi diterbitkan pada tahun 2011, tetapi pada tahun 2023 masih di berikan kuota sebesar 3 juta ton dan ini yang menjadi kejanggalan besar.

“Dengan pemberian kuota RKAB kepada PT Bosowa Mining sebesar 3 juta ton, itu yang menjadi dugaan kuat kami digunakan sebagai alat untuk memfasilitasi penjualan ore nikel ilegal atau dengan kata lain sebagai fasilitator dokumen terbang (Dokter) bagi para penambang ilegal,” Jelasnya.

Kata Rahim, ini perlu ditelusuri, pasalnya pemberian kuota RKAB tahun 2023 kepada PT Bosowa Mining sebesar 3 juta ton sangat janggal jika dikorelasikan dengan potensi cadangan pre nikel milik perusahaan tersebut. Sementara kondisi cadangan nikelnya, seperti apa.

Yang menjadi kekhawatirannya, lanjut Awal, jangan sampai kuota sebesar itu benar digunakan untuk memfasilitasi penjualan ore nikel ilegal atau dengan kata lain fasilitator dokumen terbang bagi para penambang ilegal yang berada di wilayah Konawe Utara.

Pihaknya mendesak Ditjen Minerba RI untuk segera mencabut IUP PTBosowa Mining yang diduga kerap memfasilitasi dokumen kepada para penambang ilegal di Kabupaten Konawe Utara.

“Kami juga mendesak Kejaksaan Agung RI untuk memanggil dan memeriksa pimpinan PT Bosowa Mining atas dugaan melakukan pencucian barang tambang,” Tegasnya. (AS).