Wakapolda Kalbar Membuka Secara Resmi Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) Polri Gelombang II -->

 


Translate


Wakapolda Kalbar Membuka Secara Resmi Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) Polri Gelombang II

Senin, 22 Juli 2024


Singkawang Kalbar, Mitrabuser.com, Polres Singkawang, Telah dilaksanakan upacara pembukaan Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) Polri Gelombang II Tahun Anggaran 2024. Acara berlangsung di SPN Polda Kalbar, Kelurahan Sagatani, Kecamatan Singkawang Selatan Kota Singkawang, Senin (22/7/2024). 


Hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah pejabat penting, termasuk Waka Polda Kalbar Brigjen Pol Roma Hutajulu, S.I.K., M.Si., Karo Ops Polda Kalbar Kombes Pol Moch Noor Subchan, S.I.K., M.H., dan Kabid Propam Polda Kalbar Kombes Pol Yudi Arkara Oktoberia, S.I.K., M.H. Selain itu, turut hadir Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Pol Raden Petit Wijaya, S.I.K., M.M., KA SPN Polda Kalbar Kombes Pol Pratomo Satriawan, S.I.K., M.H., serta Kapolres Singkawang AKBP Fatchur Rochman, S.I.K., M.I.K.


Upacara pembukaan ini dimulai dengan masuknya komandan upacara ke lapangan, diikuti oleh inspektur upacara. Setelah itu, dilantunkan lagu Hymne Polri dan dilanjutkan dengan penghormatan pasukan kepada inspektur upacara. Komandan upacara kemudian melaporkan kepada inspektur upacara, dan dilanjutkan dengan pernyataan pembukaan pendidikan serta pemasangan tanda siswa oleh inspektur upacara.


Waka Polda Kalbar Brigjen Pol Roma Hutajulu, S.I.K., M.Si., yang bertindak sebagai inspektur upacara, membacakan amanat Kalemdiklat Polri. Dalam amanatnya, Beliau mengucapkan selamat kepada para peserta yang telah lulus dan terpilih untuk mengikuti program pendidikan pembentukan Bintara dan Tamtama Polri Gelombang II tahun 2024. Beliau juga mengingatkan pentingnya menanamkan sikap responsif dan ikhlas dalam setiap proses belajar mengajar.


Selama lima bulan masa pendidikan, para peserta didik akan ditempa untuk menjadi insan Bhayangkara yang profesional, bermoral, dan memiliki mental serta integritas yang baik. Mereka akan dibentuk menjadi personel Polri yang berkarakter Bhayangkara, memahami doktrin Tribrata dan Catur Prasetya, serta menjunjung tinggi Pancasila dan UUD 1945. Peserta didik diharapkan mampu mempersiapkan fisik dan mental, mematuhi peraturan, serta menghindari pelanggaran yang dapat merugikan kehormatan pribadi, keluarga, dan institusi.


Amanat tersebut juga menekankan pentingnya meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan bertindak. Peserta didik diharapkan menunjukkan sikap disiplin, penuh semangat, tekad yang kuat, serta motivasi tinggi selama berada di lembaga pendidikan. Komunikasi yang interaktif dan konstruktif antar sesama peserta didik, pendidik, pelatih, dan pengasuh juga sangat ditekankan untuk menciptakan hubungan yang solid dan harmonis.


Upacara pembukaan ini menandai dimulainya pendidikan bagi 218 siswa Bintara Polri di SPN Polda Kalbar yang akan dilantik menjadi Bintara Polri. Dengan berbagai pembekalan yang diterima, diharapkan para peserta didik dapat mengemban tugas dengan baik dan menjadi Bhayangkara yang profesional serta berintegritas tinggi.


Sumber : Humas Polres Singkawang