Ciptakan Lingkungan Sekolah Lebih Hijau dan Asri, SDN 7 Salotungo Lakukan Program Go Green -->

 


Translate


Ciptakan Lingkungan Sekolah Lebih Hijau dan Asri, SDN 7 Salotungo Lakukan Program Go Green

Kamis, 25 Juli 2024


Soppeng, Mitrabuser.com, Dalam rangka mewujudkan lingkungan yang hijau dan edukatif, SDN 7 Salotungo melaksanakan program Go Green dengan menanam berbagai jenis tanaman di lingkungan sekolah. Kamis (25/7/2024). 


Setiap tanaman dilengkapi dengan label yang mencantumkan nama latin serta manfaatnya, sebagai upaya untuk mengedukasi siswa dan seluruh warga sekolah.


Tanaman-tanaman yang ditanam meliputi berbagai jenis tanaman apotek hidup seperti bawang putih (Allium sativum), bawang merah (Allium cepa), daun bawang (Allium fistulosum), jahe (Zingiber officinale), lengkuas (Alpinia galanga), kunyit (Curcuma longa), temu lawak (Curcuma xanthorrhiza), sereh putih (Cymbopogon nardus), sereh merah (Cymbopogon citratus), seledri (Apium graveolens), dan kemangi (Ocimum basilicum). Selain itu, kebun sekolah juga ditanami berbagai sayuran seperti kacang panjang (Vigna unguiculata), timun (Cucumis sativus), pare (Momordica charantia), tomat (Solanum lycopersicum), lombok (Capsicum annuum), dan terong (Solanum melongena).


Untuk sistem hidroponik, sekolah menanam kangkung (Ipomoea aquatica), sawi (Brassica juncea), pakcoi (Brassica rapa subsp. chinensis), selada (Lactuca sativa), bayam hijau (Amaranthus viridis), bayam belang (Amaranthus tricolor), dan bayam merah (Amaranthus cruentus).


Pepohonan berbuah juga menjadi bagian dari program ini, dengan menanam pepaya (Carica papaya), mangga (Mangifera indica), jambu air (Syzygium aqueum), lengkeng (Dimocarpus longan), rambutan (Nephelium lappaceum), dan alpokat (Persea americana).


Kepala sekolah, Abdul Asis, menyampaikan bahwa penanaman dan penataan tanaman ini dilakukan secara gotong royong dengan melibatkan seluruh warga sekolah, mulai dari siswa, tenaga pendidik, hingga tenaga kependidikan. Mereka dibagi dalam beberapa kelompok untuk memastikan kelancaran dan keberhasilan program ini.


"Kami berharap program ini tidak hanya membuat lingkungan sekolah menjadi lebih hijau dan asri, tetapi juga menjadi sarana edukasi bagi para siswa untuk mengenal berbagai jenis tanaman dan manfaatnya. Dengan kerja sama dan semangat kebersamaan, kami yakin program ini akan sukses," ujar Abdul Asis.


"Dengan program Go Green ini, SDN 7 Salotungo berupaya menciptakan lingkungan sekolah yang sehat, hijau, dan mendidik, serta memberikan contoh positif tentang pentingnya menjaga kelestarian alam, pungkas Kepala Sekolah Abdul Asis.